Jumat, 07 Juni 2013

Analisa Proses Bisnis (pganti kuliah Rabu 050613)

Manajemen Proses Bisnis
       Perubahan dalam kehidupan kita sangat cepat setiap saat. Sistem kerja yang dapat digunakan kemarin mungkin tidak dapat dimanfaatkan untuk kondisi saat sekarang atau besok.
Seorang menajer mengatahui bahwa organisasi yang sukses adalah organisasi yang dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi. 


         Proses bisnis menggambarkan bagaimana para manajer menganalisa, mendesain ulang, dan meningkatkan proses bisnis yang mereka kelola, sehingga manajer dapat tahu bagaimana perusahaan dapat mencapai efisiensi dengan mengintegrasikan dan meningkatkan proses bisnis mereka dan menyelaraskan proses bisnis mereka dengan strategi dan tujuan perusahaan.
Organisasi sebagai Sistem
        Perspektif sistem menekankan bahwa segala sesuatu terhubung dengan yang lain, dan itu berguna untuk proses dan model bisnis dalam hal arus umpan balik.
      Gagasan memperlakukan bisnis sebagai suatu sistem sangat sederhana, apalagi saat sekarang. Dalam sistem menekankan  pada kaitan, hubungan dan aliran. Hal ini mengarahkan bahwa setiap karyawan atau unit  merupakan bagian dari entitas yang lebih besar yang saling  bekerja sama, guna menghasilkan output  yang ingin dicapai.
Proses Manajemen Produksi / Operasi
§Perencanaan Produksi / Operasi
§Analisis & Penentuan Lokasi Perusahaan
§Untuk bisnis Manufaktur :Penentuan lokasi didasarkan pada biaya angkut bahan baku dan atau barang jadi yang paling murah dibanding alternatif lokasi lainnya. Pendekatan kualitatif : Lokasi dekat Bahan Baku, Lokasi dekat  pasar, Lokasi dekat dengan Tenaga Kerja, Pertimbangan Historis / Citra.
§Lokasi untuk Bisnis Jasa : Didatangi atau Mendatangi Konsumen?
§Riset & Pengembangan Produk / Jasa
Kepentingannya untuk : Inovasi produk/Jasa yang telah dihasilkan dan/atau Penciptaan Produk/Jasa Baru
§Perencaan Jumlah Produksi
§Analisis BEP
§Penentuan Pola Produksi
§Stabil
§Moderat
§Fluktuatif
§Penentuan Standar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar